Cara Membuat Proposal Bisnis

001_30Jika seorang laki-laki ingin mendapatkan pasangan hidup, maka langkah pertama yang biasa dilakukan ialah dengan melamar wanita idamannya. Artinya untuk mendapatkan sesuatu kita harus membuat pengajuan atau lamaran. Juga untuk mendapatkan modal bisnis, kita perlu membuat lamaran, dalam hal ini proposal bisnis.

Apa itu proposal? Proposal itu sama saja dengan sebuah penawaran atau penjualan. Anda menjual ide, sebagian kepemilikan, atau sebagian keuntungan bisnis Anda kepada orang. Menjual itu, harus bisa meyakinkan calon pembeli (dalam hal ini investor). Jangan salahkan investor atau lembaga peminjaman jika proposal Anda tidak diterima, mungkin jualan Anda kurang menarik atau kurang meyakinkan.

Proposal bukanlah kumpulan data dan angka. Keberadaan data dan angka sebenarnya hanya alat untuk meyakinkan orang lain. Bahkan, kadang Anda tidak perlu data dan angka untuk bisa meyakinkan orang lain. Tentu saja, untuk lembaga resmi data, dan angka menjadi bagian penting. Namun untuk perorangan, bisa saja bukan hal yang terpenting.

Ada dua kata penting dalam pembuatan proposal bisnis. Yang pertama ialah menjanjikan atau prospektif dan kata kedua ialah meyakinkan. Seorang investor akan mengeluarkan uangnya jika dia melihat hasil yang akan dia dapatkan. Namun bukan itu saja, seorang investor juga tidak mau uangnya hilang begitu saja. Anda harus meyakinkan investor bahwa uang tersebut tidak akan hilang.

Data dan angka yang Anda masukan ke dalam proposal Anda, tiada lain memiliki tujuan untuk menjanjikan suatu keuntungan dan meyakinkan investor. Jadi, bukan sembarang angka yang hanya untuk mempertebal proposal Anda. Angka yang Anda masukan, haruslah angka yang bermakna dan meyakinkan.

Kadang suka ada orang meminta saya membuatkan proposalnya. Begitu saya tanya, apakah dia sudah memiliki data dan angka untuk meyakinkan investor? Banyak yang mengatakan tidak punya. Mereka hanya mengandalkan keyakinan diri sendiri. Namun bagaimana dengan orang lain? Bagaimana dengan bank? Mereka biasanya membutuhkan data agar bisa yakin.

Katanya bisnis itu jangan mikir-mikir dulu, langsung action saja. Silahkan, Anda bisa langsung action. Tapi Anda tidak bisa memaksa orang lain atau pihak bank langsung action memberikan modal kepada Anda. Kecuali Anda datang ke bank membawa pistol.

Untuk mendapatkan modal, buatlah sebuah proposal yang menjanjikan dan meyakinkan. Jika kedua syarat ini dipenuhi, maka orang akan berbondong-bondong untuk invest pada bisnis Anda. Jika tidak, maka bisnis Anda belum menjanjikan dan meyakinkan. Tapi jangan menyerah, perbaikilah.

Cara Membuat Proposal Bagian 2

 

7 thoughts on “Cara Membuat Proposal Bisnis

  1. arygoesty says:

    thank banget atas saran yang telah di berikan..

  2. savetrick says:

    sangat bermanfaat ,thank’s

  3. sinta says:

    bagus tipsnya bisa dicoba untuk proposal ke investor

  4. nina says:

    salam kenal terima kasih infonya

  5. yuni says:

    proposal seperti itu bisa digunakan juga untuk tugas akhir

  6. ian says:

    thx buat tipnya..insyaallah bermanfaat

  7. energy says:

    wah…oke juga’nih!!! thnk’s buat artikelnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WordPress Anti Spam by WP-SpamShield

 

@ 2014 All Right Reserver
Rahmat