Page Rank dan Jumlah Pengunjung

page rankSudah lama tidak membuat posting di blog ini. Saya menulis posting ini karena page rank blog ini sudah kembali normal. Waktu bulan Mei 2010, page rank blog ini turun dari 3 menjadi 0. Apa sebabnya? Jujur saja, saya tidak tahu. Begitu juga terjadi pada blog saya yang lain yaitu Motivasi Islami, dimana pada bulan Mei 2010 kehilangan page rank.

Dari peristiwa ini, saya mengambil pelajaran yang sangat berharga, yaitu jangan mengandalkan page rank saja untuk mendapatkan pengunjung blog yang banyak. Blog Motivasi Islami, meski mengalami kehilangan page rank, ranking alexa-nya malah naik secara drastis. Bagaimana caranya?

Meski Google Page Rank blog Motivasi Islami turun, saya tidak lantas meninggalkan (ngambek) ke Google. Saya masih tetap mengandalkan google untuk mendapatkan pengunjung. Awalnya, saat page rank hilang, pengunjungnya juga turun drastis. Tentu saja, saya mengambil tindakan untuk memulihkannya. Apa saja?

  1. Saya mengalihkan target kata kunci, dari kata kunci generik menjadi kata kunci yang spesifik yang belum ada saingan yang berarti. Sehingga, meski memiliki PR 0, blog saya itu bisa tetap muncul di halaman pertama google.
  2. Kemudian ekspansi kata kunci. Tentu masih membidik kata kunci spesifik. Artinya saya mengembangkan topik lebih melebar tetapi masih berkaitan.
  3. Optimasi SEO setiap posting. Saya tidak hanya melakukan optimasi SEO secara general, tetapi setiap posting bahkan posting lama pun saya optimasi kembali. Meski memakan waktu, tetapi hasilnya sepadan.
  4. Tidak hanya mendatangkan pengunjung, tetapi “menangkap” pengunjung dengan menggunakan halaman Facebook dan Mailing List. Dengan demikian, pengunjung bisa kembali lagi nanti. Begitu juga, saya mulai mengoptimalkan Twitter dan RSS Feed.
  5. Dan yang terakhir, saya lebih sering update artikel sejalan dengan teknik-teknik diatas.

Hasilnya? Alhamdulillah, ranking Alexa naik cukup berarti. Yang asalnya 200.000-an sebelum Google PR turun, sekarang sudah 140.000-an.

Jika teknik-teknik diatas berhasil untuk saya, maka bisa berhasil juga dengan Anda. Memang butuh perjuangan dan kesabaran, karena memang bisnis seperti itu. Jika Anda tidak mau berjuang dan sabar, lupakan saja bisnis. Bisnis hanya bagi orang yang sabar dan ulet.

Jadi, meski google page rank Anda masih nol atau menjadi nol seperti saya, tidak perlu putus asa, masih ada cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pengunjung yang banyak tanpa mengandalkan page rank.

 

2 thoughts on “Page Rank dan Jumlah Pengunjung

  1. v3 says:

    mantap pak infonya…makasih

  2. Terima kasih atas inspirasinya. Semoga bisa tetap semangat dalam perjuangan dan kesabaran . Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

@ 2014 All Right Reserver
Rahmat